
21 Courses
S2 Magister Teknologi Informasi/ Master of Information Technology
S2 Magister Teknologi Informasi/ Master of Information Technology
S2 Magister Teknologi Informasi/ Master of Information Technology
Matakuliah ini memberikan memberikan kemampuan kepada mahasiswa S2 di Program Studi Magister Teknologi Informasi untuk menangani rekayasa perangkat lunak. Perencanaan dan menejemen rekayasa perangkat lunak terkait dengan semua aspek produksi software dari keadaan awal sampai proses evolusi dari sebuah software. Perencanaan dan menejemen rekayasa perangkat lunak ini juga memerlukan kemampuan khusus karena perkembangan teknologi informasi sedemikian cepat sehingga proses produksi sebuah perangkat lunak harus dilaksanakan dengan cepat dan adaptif.
Mata kuliah Analisis dan Pengelolaan Sistem Cerdas merupakan Mata Kuliah Wajib bagi Program Magister Teknologi Informasi 3 SKS :
S2 Magister Teknologi Informasi/ Master of Information Technology
Natural Language Processing explores methods to extract information from raw texts and combine features extracted from the texts (such as bag of word, language model, morphology, dependency relation, and parsing). The goal is to get computers to perform useful tasks involving human language tasks like enabling human-machine communication, improving human-human communication, or simply doing useful processing of text or speech. Lessons are mostly given in a group discussion as case-based problems and in practical works. At the end of the course, students required work on a project using language processing techniques (cleaning, stemming, regular expression, feature extraction, embeddings, etc.) and may be processed using machine learning techniques. The course target is students have basic abilities to work on computational linguistics tasks like sentiment analysis, paraphrasing, summarization, machine translation, language generation, etc.).
Enrolment Key: kmdss2024
Mata kuliah Filsafat dan Metodologi Penelitian berisi tentang landasan filosofis ilmu pengetahuan serta proses ilmiah dalam penelitian. Pembahasan meliputi hakikat pengetahuan, aliran dan paradigma filsafat ilmu, hubungan filsafat dengan perkembangan metodologi penelitian, tahapan penelitian, jenis-jenis penelitian, perumusan masalah, kajian literatur, teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif, pengembangan instrumen, teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif, teknik keabsahan data, serta teknik dan kaidah penulisan karya ilmiah.
Mata kuliah ini menggunakan pendekatan student center learning, yang menekankan kemandirian mahasiswa dalam menemukan, mengkaji, dan mengkritisi pengetahuan. Melalui bedah kepustakaan berbasis project-based learning secara multi literasi, mahasiswa tidak hanya berlatih menyusun rancangan penelitian, tetapi juga menempatkannya dalam kerangka filsafat ilmu yang sesuai dengan bidang kajiannya.
Melalui kuliah ini, mahasiswa dilatih agar mampu memahami dasar-dasar filsafat ilmu yang melandasi metodologi penelitian, serta mampu merancang dan mendokumentasikan suatu penelitian, khususnya yang menyangkut pemanfaatan teknologi informasi di bidang kepariwisataan, pertanian, kemaritiman, dan pemerintahan.
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dasar untuk: (1) mengkritisi dan memilih paradigma penelitian yang sesuai dengan objek kajian, (2) merancang suatu sistem penelitian yang baik, serta (3) mendokumentasikan proses dan hasil penelitian secara terstruktur menjadi suatu artikel ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.